'Beksan Merti Bumi', doa untuk kehidupan alam semesta

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Klaten digelar di kompleks Candi Plaosan Lor yang terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Senin (5/6) sore.
Pada gelaran itu utamanya disuguhkan tarian yang sarat makna "Beksan Merti Bumi" di pelataran bagian utara Candi Plaosan Lor. Di tumpukan batu bak panggung terbuka itu, sejumlah penari perempuan berbusana dodot Jawa mulai bergerak mengikuti alunan bunyi seruling yang memecah suasana.

Dengan gerakan lambat namun gemulai, para penari yang masing- masing membawa sesaji berupa bibit tumbuhan ini menuntun langkah sepasang penari Loro Blonyo yang berada pada barisan paling belakang. Itulah sekilas suasana pentas tari "Beksan Merti Bumi" yang diekspresikan oleh anak asuh Suprapto Suryodarmo atau dikenal Mbah Prapto dari Padepokan Lemah Putih Karanganyar.
Menurut koreografer Beksan Merti Bumi, Sekar Tri Kusuma (17), gerakan tari nan lambat tersebut diadaptasi ketika manusia sedang berdoa. Sebuah ekspresi permohonan doa kepada Tuhan sang pemilik semesta alam.
"Kita memohon kepada Tuhan untuk semua penghuni semesta. Bukan hanya tumbuhan, ya langit, ya laut, dan semua yang hidup di dunia ini semoga diberkahi Tuhan. Jadi Beksan Merti Bumi ini pertunjukkannya bukan untuk manusia, tapi untuk Tuhan. Jadi kita tidak semata-mata menari, tapi juga berdoa," ujar Sekar yang berasal dari padepokan di Kampung Bonorejo, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar ini.
Selain tari Beksan Merti Bumi, peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh tiap tanggal 5 Juni ini juga disuguhkan dengan berbagai pentas kesenian tradisional khas Desa Bugisan seperti Pring Sedapur, Gejog Lesung, dan Jathilan setelah salat tarawih. Mereka tampil di atas panggung kecil di sebelah barat Candi Plaosan Lor.
sumber: jateng.merdeka.com

Kampung budaya Plaosan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Kantor Balai Desa Bugisan Buka Mulai 08.00 WIB Sampai 14.30 WIB