Jual Potensi dengan Festival Candi Kembar

Banyak cara dilakukan untuk mempromosikan potensi yang dimiliki sebuah wilayah. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan yang  menggelar Festival Candi Kembar selama hampir satu bulan.

Kegiatan yang merupakan rangkaian peluncuran desa wisata ini diharapkan mampu menyampaikan pesan bahwa di Desa Bugisan banyak destinasi wisata yang menarik. Berbagai kesenian tradisional akan digelar pada 5-27 November mendatang. Salah satu kelompok seni yang sudah tampil dari  Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang menampilkan tari bali.



Kepala Desa (Kades) Bugisan Heru Nugroho mengatakan, ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungai saat berada di Desa Bugisan. Pusat pembuatan makanan tradisioanal, kesenian tradisional maupun candi.

“Kami sudah membuat konsep yang menarik dalam event Festival Candi Kembar. Ada tiga panggung yang akan menjadi tempat untuk pertunjukan, Panggung utama di dekat Candi Plaosan, kemudian panggung kedua di Sungai Borongan dan panggung di pekarangan milik warga,” ujarnya.

Bupati Klaten Sri Hartini mengapresiasi kegiatan Festival Candi Kembar yang berlangsung di Desa Bugisan. Pihaknya berharap kegiatan yang akan berlangsung sekitar satu bulan menjadi salah satu bentuk promosi potensi wisata yang ada di wilayah tersebut.

“Pemkab Klaten akan mendukung setiap desa yang memiliki kegiatan kreatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi desa. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menjadikan desa yang maju, mandiri dan berdaya saing,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetya Ari Wibowo menambahkan, kewajiban untuk memajukan sebuah wilayah tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. Namun peran masyarakat sangat penting untuk menjadikan sebuah wilayah agar lebih maju.

“Saya kira tidak hanya terpaku pada pelestarian Candi Plaosan saja,  tetapi juga mulai mengembangkan wilayah sekitar dengan melibatkan masyarakat. Pariwisata tidak harus mendapatkan daya dukung dari atas melainkan juga dari bawah melalui hadirnya desa wisata,” tambahnya.

Sumber: http://radarsolo.jawapos.com

Kampung budaya Plaosan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Kantor Balai Desa Bugisan Buka Mulai 08.00 WIB Sampai 14.30 WIB